Cara Menjinakkan Burung Nuri

Sangat disayangkan ketika kita memelihara burung nuri namun hanya bisa dijadikan tontonan. Kita tidak dapat menyentuhnya atau berinteraksi langsung dikarenakan burung tersebut terlalu liar. Tapi jangan khawatir saya juga merasakan hal yang sama ketika pertama kali membeli “Rambo” burung nuri
kesayanganku. Bahkan untuk menyentuhnyapun saya harus memakai dua lapis sarung tangan. (Pernahkah teman-teman merasakan patukan burung nuri, rasanya nyut-nyut gimana gitu… hehe…). Kurang dari 3 minggu “Rambo” sudah sangat jinak.

Burung jinak  dalam hal ini bukan berarti burung menurut saja ketika dipegang, atau mendekat kalau didekati orang. Burung jinak secara umum adalah burung yang bebas dari tekanan di sekitarnya, burung yang tidak takut lagi kepada makhluk hidup di sekitarnya terutama terhadap manusia.

Untuk menjinakkan burung sudah banyak tips diberikan oleh kawan-kawan kita. Dalam proses wajar, burung bisa jinak dalam waktu relatif lama. Kalau mau agak cepet, kuncinyanya pada diri kita sendiri: sempat apa nggak. Kalau Anda sempat, lakukan hal-hal berikut ini.


1.       Bentuk dan posisi kandang
Kandang tertutup kurang efektif untuk menjinakkan burung nuri.  Sebaiknya gunakan kandang terbuka dengan mengandalkan rantai sebagai pengamannya. Jika burung nuri anda sangat liar, sebaiknya diletakkan di tempat ramai atau bagian rumah yang sering dilewati angkota keluarga. Hal ini agar burung nuri terbiasa dengan manusia. Jangan justru digantung di tempat tersembunyi karena Anda takut burung kelabakan. Jika nuri kelihatan takut/gugup sebaiknya diletakkan agak tinggi selama sepekan kemudian posisi agak diturunkan. Lakukan selama sepekan, turunkan lagi, sepekan mendatang turunkan lagi sampai posisi normal.

2.       Memandikan
Biasanya saya memandikan burung nuri dengan disemprot pakai semprotan sampai basah kuyup. Nggak masalah dia kelabakan kesana-kemari saat disemprot. Benar-benar basah kuyup sampai menggigil kedinginan dan nggak kelabakan lagi. Biarkan dulu dia di karamba, sampai bulu agak kering. Tapi terkadang saya tergesa-gesa untuk kekantor, masukkan langsung ke sangkar juga nggak apa-apa, dan gantung di tempatnya.

Rambo Basah Kuyup
Ada beberapa fungsi memandikan nuri sampai basah kuyup :
·        Mempercepat rasa lapar. Pada saat basah kuyup nuri akan merasa lapar bukan karena kekurangan nutrisi, beda kan kalau kita memang sengaja tidak memberi pakan burung secara rutin atau cukup, yang dalam hal ini burung benar2 kekurangan semua nutrisi. Kalau dengan memandikan, maka rasa lapar hanya disebabkan dia terlalu banyak membakar karbohidrat untuk memanaskan tubuh.
·      Dalam proses penjinakan ketika burung basah kuyup kita dapat memberikan pelajaran bahwa meskipun nuri hanya bisa diam, manusia yang berlalulalang disekitarnya bukanlah ancaman.

3.       Pemberian Makanan
Ketika lapar maka burung akan semakin merasa tergantung pada kita. Memang kelemahan burung peliharaan ada pada perutnya, pada saat memberikan makanan adalah moment yang tepat untuk menjinakkan nuri anda. Untuk menghindari patukan si burung awalnya saya memberikan makanan dengan menggunakan lidi, semakin lama lidi semakin pendek, akhir kata coba deh taruh makanan di tangan kita. Kalau udah berani dia mendekat dan makan di tangan kita itu udah tanda mulai jinak, tapi jangan keburu nafsu (sabar donk  :P)

Rambo dengan Rantai Pengamannya
Setelah mulai akrab lepasin itu burung nuri, tapi kasih rantai yg agak berat biar dia bisa jalan tapi ngak bisa terbang. Nah kalau udah sampai tahap begini makin sering dah kasih makan dari tangan kita lama lama naik tuh burung ke badan, boleh dibilang udah jinak & ngak bakal terbang.

Itulah sejumlah cara menjinakkan burung yang bisa kita pilih. Kalau ketiga cara itu bisa kita laksanakan/kombinasikan berbarengan, maka dalam waktu nggak sampai sebulan burung liar sudah jadi relatif jinak.

Menjinakkan burung dengan cara itu memang membawa sejumlah konsekuensi, misalnya burung yang semula sudah mau ngriwik/bunyi, jadi agak macet karena stres. Burung yang semula mulus, jadi luka atau rusak bulu. Tapi semua adalah bagian dari proses.

Selamat berlatih, dan perlu digaris bawahi bahwa ketekunan sangatlah diperlukan.


33 komentar:

  1. thanks bro...................:)

    BalasHapus
  2. Makanan yg buat nuri apa ya bung, saya baru dapet gratis nuri nih...katanya sih lgs dri habitatnya, krn masih liar bener...tks jg buat info cara menjinakkan..nuri saya sdh mulai mau makan di tangan saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya Maaf karena saya baru bisa balas... Biasanya Nuri Makannya Pisang, Pepaya, susu putih, bubur bayi atau kalau kepepet nasi juga boleh... :D Sekalipun telat tp semoga Info ini Bisa bermmanfaat ya...

      Hapus
  3. saya mau tanya nih
    saya sdh pelihara burung nuri dari dia masih bayi dan dulu dia sangat jinak malahan melebihi sangat jinak tapi dulu karena nakal jadinya dipukul sekarang jadinya dia jahat. ada solusi gak agar dia jinak lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf saya numpang berbagi pegalaman tntg nuri krna saya jg penggemar nuri. mslh yg anda alami untk menjinakan nuri kmbli seringlah anda berinteraksi dg cara membelai2 dia n memberi mkn dy dr tangan anda. lama kelamaan jg nuri tsb akan jinak kembali, klo di pukul itu malah salah krna burung tersebut akan semakin berontak. trmksh.

      Hapus
  4. burung nuri merah/nuri maluku apakah bisa bicara kayak beo makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sbb... Burung Nuri Maluku bukan jenis burung yang bisa berbicara.. tp kicauannya Indah lho... :)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  6. Makanan untuk burung nuri apa aja?
    Kalau ngasih makan dari tangan biasa nya ngasih apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya Maaf karena saya baru bisa balas... Biasanya Nuri Makannya Pisang, Pepaya, susu putih, bubur bayi atau kalau kepepet nasi juga boleh... :D MAkanan apa saja yang disukai boleh dikasih pakai tangan... Sekalipun telat tp semoga Info ini Bisa bermmanfaat ya...

      Hapus
  7. Mas, kalo Nuri Irian kepala hitam bisa bicara nggak?
    Terima kasih - Raka Bekasi

    BalasHapus
  8. ia sih cara diatas bener adanya, tapi klo yg dijinakin kyk kakatua hitam, molucan, dan parrot ukuran besar serem juga, kita deketin aja dia dah buka sayap dan teriak2. klo nuri kecil digigit cuma cenut2, tapi klo parrpt besar klo dah gigit bsa putus jari kita, pakai sarung tangan elang aja jebol klo dah kena gigitan kakatua. hati2 aja klo mau jinakin parrot yg besar2, bahaya cuy

    BalasHapus
  9. Nuri irian ada 2 jenis mas bro, paruh merah sama kuning, yg mudah untuk di latih bicara yg warna kuning katanya..saya jg baru coba utk melatih yg paruh kuning

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf,menambahkan sedikit. Ada 3 Om. Merah, kuning,orange. Sy diipapua om. Klw kuning cepat bicara, klw orange bisa jg tp hrus sabar.

      Hapus
  10. Kalau pisangnya cuman di jilatin pas di buang itu knapa yaa ??

    BalasHapus
  11. mas bro,saya punya nuri kepala merah betina dah tua banget,sejak saya pelihara sudah ada 10 tahun lebih namanya jessica.sampai skrg kalau dikawinin gagal trus sama jantan,soalnya rata rata jantannya terlalu muda.mau tanya,nuri itu umurnya sampai brp y?mohon balasannya d email saya

    BalasHapus
  12. Bang klo nuri Irian kepala hitam paru merah bisa bicara gk ya thanks ya

    BalasHapus
  13. Mas bro g pnya 1 burung nuri kepala hitam paruhnya Oren n lehernya campur biru tua klo sex dikatin manjat sangkarnya trs gmn ya cara jinakan tu burung nya dah g pelihara 1bln tu teman ksh si

    BalasHapus
  14. kalau nuri pelangi bisa bicara gak? terus perawatannya sama dengan nuri yg lain kan?

    BalasHapus
  15. Wow keren burung nuri banyak jenisnya.

    BalasHapus
  16. Wow keren Ada beberapa macam jenis.

    BalasHapus
  17. pak saya punya nuri persis pada nuri yg diatas.tapi gak tau jenis kelaminya .gimana cara membedakan jantan & betinanya .trimakasih

    BalasHapus
  18. bro...saya sudah lama ada nuri merah jantan dan sudah 2 bln saya dapat yg betina...pas mau di jodohin sekitar 2 minggu saya satukan malah berantem yah,lalu saya pisahkan lagi dengan jarak kandang yg berdekatan dan kemarin saya satukan lagi malah berantam lagi...gimana yah caranya biar kedua burung ini bisa di jodohkan...terima kasih...saya berharap bro bisa balasnya dengan secepatnya yah...atau ada sis and bro yg bisa bantu...thanks

    BalasHapus
  19. bro...saya sudah lama ada nuri merah jantan dan sudah 2 bln saya dapat yg betina...pas mau di jodohin sekitar 2 minggu saya satukan malah berantem yah,lalu saya pisahkan lagi dengan jarak kandang yg berdekatan dan kemarin saya satukan lagi malah berantam lagi...gimana yah caranya biar kedua burung ini bisa di jodohkan...terima kasih...saya berharap bro bisa balasnya dengan secepatnya yah...atau ada sis and bro yg bisa bantu...thanks

    BalasHapus
  20. kalau burung nya naik ke atas pohon pas dikasih rante gmn tuh

    BalasHapus
  21. klw nuri saya d kasih makan di tangan sdh mau tapi kalau di pegang gigit
    bagaimana solusinya

    BalasHapus
  22. gan saya mau tanya, klo nuri lorikeet sama nuri maluku bisa bicara ga nnti'nya...
    dan mohon untuk cara melatih'nya agar bisa bicara...terimakasih...

    BalasHapus
  23. Gan tolong informasinya.
    Aku punya nuri kpala hitam. Yg jadi masalah bulu di daerah punggung ngga tumbuh..
    Padahal udah 1thn lebih aku pelihara, dibagian badan depan juga gak nyenengin gitu bulunya. Ni burung aku beli dr pasar burung setempat gan
    Thx sebelumnya :)

    BalasHapus