Memelihara Burung Nuri

Memelihara burung nuri  memiliki kesenangan tersendiri, apalagi jika burung itu berkicau dengan suara merdu setiap pagi membangunkan sang majikan, sungguh suatu energy positif untuk memulai hari.
Terkadang banyak orang yang sampai lupa waktu jika sedang asyik bermain dengan burung peliharaannya (lupa makan, lupa mandi bahkan lupa diri… Haha… Alay…)
Memelihara Burung Nuri

Disamping ajang hoby ada juga yang memelihara burung sebagai aset. Salah satu burung yang sangat digemari adalah Burung Nuri. Harga burung ini terbilang cukup mahal selain karena keindahan bulunya, kemampuannya mengeluarkan suara merdu bahkan berbicara, burung nuri juga tergolong binatang yang dilindungi pemerintah. Namun bagi Penghoby burung nuri, harga bukanlah suatu masalah. Saya salah satu contohnya hehe… saya sampai rela mengocek kantong demi membeli “Rambo” burung Nuri Pelangi Kesayanganku. Tapi bagiku harga “Rambo” tidak akan sebanding dengan kebahagiaan selama memeliharanya. Alhamdulillah ya… Sesuatu…:P

Sekilas Tentang “Rambo”  Nuri Pelangi berasal dari Maluku. Sewaktu saya membelinya dari informasi si penjual umurnya baru 5 bulan. Masi sangat muda dan belum bersahabat dengan manusia. Saya memeliharanya dengan penuh ketekunan.

Banyak hal yang mesti dipelajari dalam memelihara burung nuri, yaitu :


"Rambo" Burung Nuri Pelangi

17 komentar:

  1. Om saya mau tanya, cara membedakan jenis kelamin burung nuri itu gimana ??

    Tolong diberikan penjelasannya :)
    Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beghhhh.... Saya di Panggil Om...:'( saya juga Belum Pernah Membedakan Secara Lansung, Tapi dari info yg saya dapat kelaminnya dapat diketahui dari posturnya, yang jantan cenderung lebih kecil dan lansing kalau betina lebih besar dan bulat... selain postur bisa juga dibedakan lewat warnanya yang Jantan warnyanya lebih terang yang betina agak buram...:)

      Hapus
  2. Karena saya ingin tahu...
    informasi tentang burung nuri, walaupun tidak punya burung nuri dirumah :)
    hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. No Problem... Setiap Ilmu Pasti Suatu Saat akan begruna... Bisa saja kan tiba-tiba ada burung Nuri yang nyasar kerumahmu.. hehe...

      Hapus
  3. maaf bos saya mau nanya makanan burung nuri itu apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya baru ada kesempatan Buka Blog lagi, Biasanya saya kasih makanan Bubur bayi, pisang, pepaya, susu putih... kalau kepepet nasi juga boleh... hehe... sekalipun balasannya telat, semoga bermanfaat ya...

      Hapus
  4. mas bro .. mau nanya.. sya punya burung nuri sepasang dirumah.. tpi msih bingung mau ngasih pakan apa selain pisang dan susu.?? tq infony..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbb... Selalin susu dan pisang... burung Nuriku biasanya makan pepaya, bubur bayi, dan nasi... Tapi 80% kansumsinya setiap hari susu putih, kalau masalah kandungan gizinya itu saja sudah cukup... semoga infonya bermanfaat ya... sekalipun balasnya terlambat... Oh iya... Tanggal 10 Maret Pas Bro coment, saya lagi menjadi raja sehari di pelaminan.. walah... kok jadi curhat ya... ya udah.. salam kenal saja mas bro...

      Hapus
  5. Mas bro ...
    Nuriku paruhnya dipangkur dikit biar gak tajem, trus makan pisangnya koq dikit biar ya, minum susu juga dikit ....tp aktif (skrg msh dipangkur)
    Apa mmg minum susunya dikit ya,mkn pisang jg dikit
    Pls saran nya mas
    Trims ..imron

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu saya juga pernah dapat masukan supaya paruhnya di pangkur, tapi berhubung si Nuri sudah jinak jadi tidak saya laksanakan, disamping itu saya juga kasian kalau sampai dia kesakitan...

      Saya tidak tau ukuran sedikit menurut mas bro bgmana...? yang jelas kalau nuriku itu minumnya stengah cangkir susu, kalau pisang habis sebiji... SAlam kenal ya...

      Hapus
  6. gan,, mau nanya ni
    burung nuri ku tiap kali bertelur gk mau ngeramin telurnya,, jadi tdk pernah ada yg menetas. ada cara lain gk ya selain dieramin induknya supaya bs menetas?? kalo dikasi lampu saja diatasnya kira2 bs tdk ya??

    BalasHapus
  7. Om sy jg mau nanya.. Kira2 bisa engga ya nuri papua (betina) dikawinkan/dijodohkan sama nuri maluku (jantan)..? Terima kasih pencerahannya..

    BalasHapus
  8. harga burung nuri itu brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 850.000 SAMPAI 1.000000 GAN

      Hapus
    2. gan aku mau nanya sekitar harga burung nuri. dirumah aku punya burung nuri 3 ekor dengan ciri nya kepala ungu badan hijau,kuning, ada merah di pipinya paruh bengkok dan warna paruh nya orengs ke kuning2an... rencana aku mau jual skaligus 3 ekor aku lepas harga berapa bagus gan.....?? makasih

      Hapus
    3. @ OGUD ... kirin fotonya sob to edp280273@gmail.com

      Hapus