Data Biologis Kelinci

Ketika saya menulis Artikel Persiapan Pra dan Pasca Kelinci Melahirkan, anak kelinciku baru berumur 2 Minggu, Kemarin baru saja saya memberikan hadiah khusus Si anak kelinci untuk umurnya yang telah genap 1 bulan.
Ternyata…. Wawww… Amazing… Keesokan harinya Sakura si Induk Kelinci Melahirkan lagi 4 Anak Kelinci. Saya sempat kaget dan kasian melihat si anak kelinci lahir tanpa alas. Saya sungguh tidak menyangka kalau ternyata si Induk sedang hamil pada masa meyusui. Kejadian ini mendorong saya untuk mengetahui lebih jauh tentang data Biologis Kelinci yaitu :
  • Masa hidup: 5 - 10 tahun
  • Masa produksi: 1 - 3 tahun
  • Masa bunting : 28-35 hari (rata-rata 29 - 31 hari)
  • Masa penyapihan : 6-8 minggu
  • Umur dewasa: 4-10 bulan
  • Umur dikawinkan: 6-12 bulan
  • Masa perkawinan setelah beranak 1 minggu setelah anak disapih
  • Siklus kelamin : Poliestrus dalam setahun bisa 5 kali bunting
  • Siklus berahi: Sekitar 2 minggu
  • Periode estrus : 11 - 15 hari
  • Ovulasi: Terjadi pada hari kawin (9 - 13 jam kemudian)
  • Fertilitas: 1 - 2 jam sesudah kawin
  • Jumlah kelahiran: 4- 10 ekor (rata-rata 6 - 8)
  • Volume darah: 40 ml/kg berat badan
  • Bobot dewasa: Sangat bervariasi, tergantung pada ras, jenis kelamin, dan faktor pemeliharaan

Demikian data Biologis kelinci, saya rasa ini juga perlu diketahui oleh para penghoby kelinci, jangan sampai melakukan kesalahan seperti yang saya alami…

Semoga Bermanfaat…^_^…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar