Persiapan Pra dan Pasca Kelinci Melahirkan

Setelah sebulan menunggu akhirnya tiba waktu yang kutunggu, “Sakura” nama Induk kelinci yang sedang mengandung hasil pernikahannya dengan “Naruto” Sang Jantan Kelinci hehe… Masa kelahiran kelinci merupakan masa yang menggembirakan sekaligus masa yang paling di tunggu-tunggu oleh pemilik kelinci, namun akan berbeda reaksinya
bagi sebagian orang yang belum memahami dan terbiasa menangani kelinci melahirkan. mereka yang belum terbiasa dengan situasi ini tentunya akan cukup membuat panik, khawatir, dan tidak tahu harus melakukan tindakan apa. Akibat dari situasi seperti ini biasanya berakhir dengan kematian anak -anak kelinci.

Persiapan Pra & Pasca Kelinci Melahirkan
Ketika saya membaca di beberapa situs internet yang bercerita seputar permasalahan kelinci melahirkan dan menyusui, ternyata masih banyak penghoby yang masih belum membekali dirinya dengan pengetahuan pemeliharaan kelinci secara mendasar. Berangkat dari keprihatinan ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman sekaligus sharing dengan sesama penghoby yang mengalami atau sedang mempersiapkan kelahiran anak anak kelincinya.
Kandang Khusus Induk Hamil
Kandang Khusus Induk Hamil merupakan persiapan yang harus dilakukan pada saat kelinci di nyatakan hamil atau diindikasikan hamil. Seharusnya setelah kawin kelinci-kelinci ini harus di pisahkan dari pejantan maupun betina lain dan menempati kandang sediri. persiapan ini dilakukan untuk menjaga gangguan dari kelinci lain maupun pejantan. Kelinci hamil butuh ketenangan untuk mempersiapkan kelahiran buat anak anaknya. Ukuran kandang induk hamil harus lumayan besar cukup untuk induk dan anak-anaknya.
Minum dan Pakan
Kelinci hamil dan menyusui memiliki nafsu makan yang meningkat dari biasanya, mereka bisa menghabiskan porsi makanan dua kali lipat dari porsi kelinci pada saat tidak hamil. Jadi,pemberian asupan makan yang baik serta minum yang cukup akan menjamin kebutuhan nutrisi dan perkembangan anak anak kelinci dalam kandungan terpenuhi. Penting sekali bagi kelinci pada masa-masa ini mendapatkan jenis makanan yang bervariasi dan selalu tersedia di dalam kandangnya.


Sarang untuk Melahirkan
Sarang atau tempat melahirkan perlu untuk disiapkan beberapa hari sebelum induk melahirkan. Ada yang menyediakan sarang melahirkan dalam bentuk kotak, namun saya menyediakan sarang cukup dengan menaruh jerami dalam kandang induk. Si Induk sendiri akan menyalurkan nalurinya mengangkat jerami merapikan dan mengaturnya untuk dijadikan sarang. Selain tempat melahirkan sarang itu berfungsi untuk alas tidur dan menghangatkan anak-anak kelinci.

Anak Kelinci di Sarangnya
Masa Kelahiran
beberapa hari sebelum kelahiran anak-anak kelinci, sang induk akan terlihat gelisah, keluar masuk kotak sarang, menggaruk-garuk kandang,nafsu makan sedikit berkurang dan induk yang sangat protektif akan cenderung menyerang jika akan di pegang. Ini merupakan perilaku alamiah kelinci.Yang perlu di lakukan adalah cukup memberi perhatian dan ketenangan. Beberapa jam sebelum kelahiran sang induk akan mencabuti bulu di bawah perutnya dan di kumpulkan di sarangnya. Perilaku ini mengindikasikan sang induk sudah akan melahirkan anak-anaknya. Ini masa yang sangat penting, jadi biarkan induk kelinci memiliki privasinya dan biarkan induk menyelesaikan kelahiran anak-anaknya sendiri.

Pasca Kelinci Melahirkan
Masa Menyusui
Sesaat setelah di lahirkan anak-anak kelinci terlihat sangat tidak berdaya. Anda tidak perlu khawatir jika induk langsung meninggalkan kotak sarang setelah membersihkan anak-anaknya. Sekali lagi anda tidak perlu ikut campur dalam urusan pemeliharaan anak-anak kelinci ini. Anda tidak perlu khawatir mengenai kemampuan induk kelinci dalam memelihara anak-anaknya. Percayakan semua ini pada naluri sang induk saja. Yang perlu di lakukan adalah penuhi seluruh kebutuhan kelinci pada masa ini dengan cara memberikan ketenangan, makanan, keamanan dan kenyamanan selama masa menyusui.


Anak Kelinci Umur 3 Hari
Anda tidak perlu takut jika melihat anak kelinci yang lemah terinjak induknya, induk tidak mau menyusui dan lain-lain. Biasanya campur tangan pemilik yang terlalu berlebihan dalam memelihara dan merawat anak-anak kelinci justru mengacaukan dan membuat stres sang induk. Jadi penting sekali saya tekankan disini untuk membiarkan induk membesarkan anak-anaknya sendiri sesuai dengan nalurinya, ini bukan tanggung jawab Anda, tanggung jawab anda hanya memenuhi kebutuhan induk dan anak-anaknya. 

1 komentar:

  1. okehhhh,,,
    saya punya masalah, pertama saya ga tau klo molly (kelinci saya) buat lubang karna dia sedang hamil.
    dan saya baru nyari tau di internet tanda2 kelinci hamil seperti itu.
    saya takut si molly ngelahirin di lubangnya, karna lubang galiannya sangat panjang sekali jd membuat saya gak bisa ngeliat dy sudah melahirkan atau blum.
    pertanyaan saya, jika molly melahirkan di lubang apa ga apa2 ya ? trus apa tanda2 kelinci yang sudah melahirkan.
    trimakasih.

    BalasHapus